Jumat, 04 November 2011

Sandi Kotak

Sandi Rumput

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


Bismillaahirrohmaanirrohiim
Salam Pramuka !!!
Salam Sukses...
Materi Pramuka yang akan kita bahas pada posting kali ini adalah mengenai Sandi Rumput. Bagi Seorang Pramuka pasti sudah mengenal berbagai macam Sandi, terutama Sandi Rumput ini. Seperti apa dan bagaimana penggunaannya tentu saja pasti sudah diketahui.
Berikut adalah Sandi Rumput:
(gambar 1 : Sandi Rumput)
Seperti terlihat dari gambar diatas, pasti sudah terbayang bagaimana sandi rumput itu. Yang menjadi patokan untuk sandi rumput ini adalah sandi morse. Agar kita bisa menggunakan sandi rumput, kita harus sudah hapal sandi morse, karena kalau kita nggak hapal sandi morse maka kita nggak akan pernah bisa menggunakan sandi rumput. Kalau sandi morsenya lupa, coba lihat dulu deh disini: SANDI MORSE
Okeh sudah ingat kan? Sekarang kita masuk pembahasan. Sandi Rumput sebenarnya hanya menggunakan satu rumput tinggi dan satu rumput pendek. Satu rumput tinggi sebagai pengganti "satu strip" dan satu rumput pendek sebagai pengganti "satu titik". Sebagai contoh adalah huruf "A", untuk sandi morsenya huruf A adalah 'titik-strip', maka untuk sandi rumputnya adalah 'rumput pendek-rumput tinggi'. Huruf "B", sandi morsenya adalah 'strip-titik-titik-titik', maka sandi rumputnya adalah 'rumput tinggi-rumput pendek-rumput pendek-rumput pendek'. Untuk jelasnya lihat gambar Contoh huruf "A" berikut:
(Gambar 2 : Sandi Rumput -Huruf A)
Untuk penggunaan setiap huruf dalam satu kata dan setiap huruf dalam beberapa kata dapat dilihat contoh pada gambar 1.
Nah, Setelah pembahasan diatas rasanya masih ada yang kurang yuaa... Tentu saja LATIHAN donk iya nggak??? hehehe... Sekarang coba kalian lihat latihan Sandi Rumput berikut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar